Cari Kunci Lagu Yang Kamu Suka

Custom Search

Trik jitu belajar kunci gitar dengan Capo

Belajar gitar memang susah-susah gampang, tapi selama kita berusaha semuanya akan digampangkan (kate pak ustad) hehe. Kali ini ane bakal share yang menurut ane ini sangat penting, bahkan maha penting buat anda yang susah belajar kunci gitar. Bukan ane melebih-lebihkan tapi ane sudah membuktikannya sendiri, dijamin jitu deh.
Oke tanpa bertele2 ane langsung aja ke benang merahnya.
1. Kalo anda berfikiran bahwa kunci gitar itu banyak,,,,STOP! itu persepsi yang salah. kunci gitar itu cuma satu, kalo jenis nya baru ada beberapa, tapi gak banyak kok.
2. Trus satu itu kunci apa?  terserah anda maunya apa? teng...tong...! bingung yah...? kunci gitar itu cuma satu yaitu kunci C..! trus kunci D gmn, kunci E gmn, F,G, dst! Tenang ane bakal jelasin semuanya. Tapi ane ingetin, asumsikan dalam benak anda kalo kunci gitar itu cuma ada satu yaitu C.

Belajar trik ini akan lebih gampang kalo pake Capo (yang suka nempel di stang gitar)


Tapi gak punya capo juga gpp, anda bisa menggantinya dengan pensil trus diikat dengan karet. Nah sekarang baru kita praktek.
  1. Capo itu berfungsi sebagai nut gitar, tau nut kan? itu yang ada diujung stang sebelum tunner yang warna putih.
  2. Sekarang tekan kunci C
  3. Lalu sekarang pasang caponya di fret ke 2, fret itu besi pada stang. hitung saja 2 dari ujung , nah tempatkan sebelum besi yang ke dua mirip seperti gambar diatas.
  4. Sekarang coba anda membentuk kembali kunci C dengan bentuk yang sama namun posisi berbeda karna tergeser Capo, dan anggap capo itu sudah mengganti nut pada gitar anda. 
  5. Coba genjreng.....gmn? yang anda mainkan itu adalah yang kata orang bilang kunci D
  6. Sekarang geser lagi Caponya 2 fret lagi, trus genjreng lagi kunci C, nah itu yang kata orang kunci E
  7. Begitu seterusnya sampai anda akan ketemu C lagi. Tapi tidak semua di naikan dua fret yah. coba simak penjelasan dibawah

Jarak dari C ke D itu adalah 1 tetapi digitar berarti 2 fret atau sebelum fret ke dua. Nah kalo setengah berarti naik 1 fret. Jadi kalo tadi dari E mau ke F (F kata orang) tinggal geser 1 fret jangan 2 fret.
Nah itu untuk mayor, sekarang untuk jenis minor juga cuma satu tapi kita mainnya di A minor. tau kan A minor. Silahkan praktek seperti tadi kita memindahkan kunci C jadi D dengan capo.
 
Gambari diatas menunjukan kunci D minor tapi dengan bentuk A. klo anda sudah pernah lihat kunci gantung, Coba perhatikan baik baik posisi Capo dengan posisi kunci A pada gambar diatas. Ya...Capo itu berdiri tegak lurus seperti membentuk telunjuk kita saat kita memmainkan kunci gantung. 

Kayaknya sekian dulu share kali ini, smoga apa yang ane share bermanfaat buat anda dan update terus artikel ane ya,,,see you


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »