Cari Kunci Lagu Yang Kamu Suka

Custom Search

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus

 Hai sob,,,kali ini ane share buat yang berencana beli gitar tapi masih bingung beli yang seperti apa? ane saranin jangan keburu2 apalagi belum baca artikel ini, hehehe. Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah dana, ya dana atau uang itu gak pernah bohong. tapi tidak semua tergantung dengan uang, kita bisa kok dapat gitar bagus tapi murah, asal pinter2 milih aja.
Gak perlu beli baru juga buat dapet gitar bagus. justru menurut ane gitar second lebih menjamin, asal jangan bekas kegiles mobil aje, itu sih namanye rongsokan.


1. Body serta bahan gitar
Tiap-tiap gitar akustik memiliki proyeksi nada serta tonasi yang berlainan, bergantung berapakah ukuran gitar itu. Untuk ukuran body gitar, sesuai sama selera semasing. Pada gitar akustik juga ada yang ada cutaway serta tak. Cutaway sendiri yaitu adalah lekukan/potongan yang terdapat pada bodi serta leher gitar, umumnya berupa cekung. Maksud ada cutaway terkecuali untuk membuat cantik penampilan gitar, juga memudahkan gitaris untuk memainkan suara tinggi lantaran bisa menjangkau fret tinggi. Tetapi ada pula yang menyampaikan bahwa gitar akustik tanpa ada cutaway memiliki nada yang semakin bagus. Ada tiga jenis konstruksi bidy gitar, diantaranya all laminated (memiliki bahan triplek), laminated with solid top (memiliki bahan kayu serta triplek), serta all solid (memiliki bahan full kayu). Nah untuk kwalitas yang bagus yang pasti anda mesti pilih yang memiliki bahan full kayu, lantaran suaranya bakal semakin bagus serta lebih berat.

2. Neck gitar

Neck atau leher pada gitar yaitu sisi yang memanjang serta lurus yang ada fret-fret. Nah untuk pilih gitar berkwalitas bagus anda baiknya pilih neck gitar yang lurus serta tak gampang bengkok. Neck yang bagus yaitu neck yang lurus serta ada besi penyangga di dalamnya agar tak gampang bengkok. Besi penyangga leher gitar ini dimaksud dengan truusord.

3. Fret gitar

Fret atau grip gitar yaitu strip kawat tidak tebal berjarak pada interval yang sangatlah pas selama semua panjang fingerboard. Untuk bahan fretnya, baiknya pilih bahan yang stainless steel lantaran terkecuali awet juga membuahkan nada yang bagus. Jumlah fret tiap-tiap fret berlainan, tetapi untuk gitar akustik idealnya yaitu 12-14 fret. Untuk kebaikan anda, coba memainkan gitar itu apakah fals atau tak. Anda butuh kecermatan serta pengetahuan yang cukup banyak waktu pilih gitar akustik.

4. Penentuan tuning peg

Tuning peg yaitu alat yang berperan untuk menyetel atau menyetem senar gitar. Dalam penentuan tuning peg ini anda mesti jeli, terlebih dalam akurasi serta manfaat tuning peg tersebut. Tuning peg yg tidak bagus umumnya tak akurat menyetem senar, jadi pastikan akurasi tuning peg yang bagus. Untuk bahan tuning peg, tambah baik anda pilih tuning peg yang terbuat berbahan stainless steel agar tak gampang berkarat serta mengkilap.

5. Teliti suara
Salah satu yang paling penting dalam pilih gitar akustik yaitu feel anda dalam memainkan serta mengecek nada gitar itu. Sisi ketika test sound gitar yang ditaksir, terlebih pada middle low-end gitar classic. Intonasi tujuannya yaitu ketepatan suara yang dihasilkan waktu kita beralih fret selama neck. Gitar dengan kwalitas pembuatan yang kurang bagus umumnya diatas fret ke 12 intonasinya bakal terdengar fals.

Pilih gitar akustik yang berkwalitas cukup susah, lantaran membutuhkan feel serta kecermatan. Untuk senar gitar, anda dapat memakai senar nylon atau senar steel. Sena rnylon lebih awet serta lentur namun suaranya tak demikian keras. Sedang senar steel mempunyai nada yang lebih keras tetapi umumnya cepat rusak.

Sekarang silahkan anda putuskan sendiri mau merek apapun, mau yang harga berapapun, dan mau bekas atau barupun asal anda pinter milih. pasti gak bakalan gagal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »