Cari Kunci Lagu Yang Kamu Suka

Custom Search

Tips Ampuh Jago Main Gitar


Mahir Bermain Gitar _ Jago main gitar tentu hal yang sangat menarik jika kita bisa melakukannya. Sekilas kalo kita lihat para gitaris kawakan sebut sajalah gitaris lokal kita Dewa budjana, klo melihat dia main gitar itu kayak yang males-males gmn gituh, he,,,kayak yang cetek banget buat dia menguasai gitarnya. Terus ada juga yang menambah jumlah senar gitarnya, mungkin karena ke6 senarnya sudah gak bisa memuat semua gagasan seninya.

Sedangkan kita yang baru belajar kayaknya susah banget main gitar, sampe-sampe mata gak bisa lepas dari neck gitar. Boro-boro tambah senar, enam senar aja udah bikin kita bingung setengah mati. Masih mending kalo yang baru belajar, nah ini yang udah lama belajar tapi kemajuannya sangat lambat, tambah parah lagi.

Bemain gitar dengan mahir itu butuh proses yang panjang dan dan bertahap. Dari mulai kita mengenai gitar secara fisik, mengenal kunci, belajar petikan, strumming, dan masih banyak banget hal-hal lain yang harus dipelajari. Kadang kita juga merasa sulit dan menjenuhkan ketika kita harus belajar fingering, belajar petikan dan strummign. huh melelahkan dan butuh kesabaran tinggi untuk menguasainya.

Tapi, ibarat sekolah yang ada tingkatannya, tidak bisa anak masuk smp langsung kekelas 3 tentu harus ke kelas 1 dan 2 dulu kan?. Nah begitu juga dalam bermain gitar, banyak tahapan yang harus dilalui. Jika belum tahu tahapan belajar gitar silahkan pelajari disini.

Belajar sesuai tahapan itu sangat susah karena kita tidak hanya berurusan dengan teknis saja, tetapi kita juga berurusan dengan perasaan dan pemikiran kita tentang gitar. Banyak orang yang pengen belajar gitar hanya karena untu gaya-gayaan atau buat pamer doank, ada juga karena ikut-ikutan, yang lebih parahnya lagi ada orang yang belajar gitar dengan iseng dalam arti karena gak ada pekerjaan saja, tetapi jika ada hal lain yang dia lebih suka maka gitar bakal ia tinggalkan.

Bisa main gitar itu bukan untuk dipamerkan ataupun buat gaya-gayaan. karena status "gaya" atau "keren" atau apalah itu,,,,itu akan terbangun dengan sendirinya tanpa kita sadari, dan  membuat orang iri pada kita. Ibarat beras,,,beras itu adalah makanan pokok kita, nah apa salahnya kalo gitar juga kita anggap sesuatu yang pokok yang dimana kita merasa bahwa gitar itu tidak dapat kita hilangkan meskipun kita harus bermain gitar dengan cara memaksakan dan mengorbankan hal lain yang kita anggap juga penting.

Mengorbankan apa? Apa yang harus dikorbankan? tanya diri saja lah. Sekarang kita lihat para gitaris top dunia atau lokal, jarang banget gitaris jago yang pendidikannya tinggi, padahal secara masa depan gitaris tidak menjadi jaminan, jarang gitaris yang kaya raya.

Jadi intinya itu kembali ke diri kita masing-masing, bagaimana komitmen kita dengan gitar kita (emang mau dinikahin?) wkwkwkw. Tapi memang kaya gitu kenyataan dari sederet pengalaman para gitaris sukses. Mereka banyak berkorban untuk mencapai level teringgi sebagai seorang gitaris. Tidak pernah puas dengan apa yang mereka capar.

Ni artikel atau ceramah, hehehe,,,,sorry kebawa esmosi. wkwkwkwk....

Sekian aja dulu ya artikel ini saya tutup dengan hamdalah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »