Cari Kunci Lagu Yang Kamu Suka

Custom Search

Fungsi Capo dalam Permainan Gitar Akustik

Pertamanya mungkin kita yang belum tahu bertanya-tanya Apa sih capo itu? ada yang tau fungsi dan kegunaannya? mungkin kalau yang sudah tau, capo punya tipe atau bentuk yang seperti apa ya? yuk kita simak baik baik.
Fungsi Capo Gitar dalam Belajar Gitar Akustik

Kalo ada yang pernah lihat yang sedang main gitar, trus distang gitarnya ada sesuatu yang menempel menungkup senar gitar. Nah dapat dipastikan ituyang dinamakan Capo. 

Capo adalah alat yang digunakan gitaris untuk meningkatkan posisi los senar (open string) dengan tujuan untuk memudahkan gitaris untuk memainkan akor dengan nyaman. Capo didesain untuk menaikkan nada pada semua bagian senar dari senar nomor 1 hingga nomor 6 secara bersamaan sesuai dengan stem awalnya. Harga capo gitar sangat bervariasi mulai dari harga 50 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah, sesuai dengan merk dan tipe capo tersebut tentunya.

FUNGSI CAPO

Capo gitar memiliki fungsi yang bermacam macam. Tapi fungsi utamanya sih cuma ada dua yakni :

1. Menaikkan Nada 

Capo merupakan alat yang didesain seperti Jepitan. hal ini terinspirasi dari jari telunjuk dan ibu jari kita yang menekan ketika memainkan barre chord (kunci gantung). Capo dapat menggantikan telunjuk kita pada barre chord (kunci gantung). Jadi kita tidak perlu menaruh telunjuk sejajar lagi, cukup menggeser capo pada fret yang kita inginkan lalu mainkan akor sederhana atau dasar. Lihat gambar dibawah, posisi capo yang menggantikan posisi telunjuk kita ketika kita sedang memainkan kunci gantung.

2. Menyamakan Gitar tanpa Stem Ulang

Setiap gitar memiliki kemampuan atau batas stemnya masing masing, tidak semua gitar bisa di stem secara standar lho. Lalu bagaimana jika kita ingin berduet tapi kemampuan stem gitar kita berbeda?nah, disini sobat gitaris bisa menggunakan capo tanpa harus stem ulang dan takut gitarnya melengkung karena tidak kuat untuk di stem standar. Capo sangat membantu gitaris gitaris yang akan berduet atau sharing dengan temannya. Ketika kita akan berduet dengan gitaris, cukup jepitkan capo pada fret yang diinginkan sesuai kebutuhannya lalu samakan nadanya pada gitar yang standar.

TIPE CAPO

Seiring berkembangnya jaman, capo memiliki variasi dalam bentuknya. Kini capo didesain lebih fungsional dan bervariasi. Berikut ini adalah tipe capo yang beredar di pasar :

Capo Standar

Capo ini berbentuk seperti penjepit yang memiliki fungsi untuk menaikkan nada open string atau los senar secara keseluruhan dari senar 1 hingga 6. Bentuknya standar dan berbahan dasar besi ringan dengan dilapisi karet atau busa didalamnya yang bertujuan untuk menjaga agar neck dan fretboard gitar tidak lecet atau rusak.

Capo Tuner

Capo tipe ini berbentuk sama seperti capo standar, namun memiliki tambahan tuner atau alat dengan tampilan digital yang berfungsi untuk menyetem gitar. Benda ini berada diatas dan menyambung pada bagian capo. Adanya capo ini memudahkan para gitaris dalam memperbaiki nada yang tidak stem akibat tekanan ketika strumming atau genjreng yang berlebihan tanpa harus membeli tuner lagi. Memang ya tunner ini kaya benalu yang suka nempel sana sini. hehhe...! 

Cara Penggunaan Capo sangat sederhana, kalo sekedar menempelkan pasti gampang lah. Nah jika belum tahu dimana kita akan pasang Capo? itu baru bahaya.
Contoh kasus : Ketika sobat menemukan sebuah lagu mainnya di F, dan mungkin sobat belum terbiasa dengan kunci gantung maka sobat bisa main dengan bentuk C jika menempatkan Capo di freet ke 5. jika pengen main bentuk D tapi nada tetap F coba sobat pasang Capo di fret ke 3. Untuk lebih detailnya silahkan pelajari melalui video tutorialnya disini.
Fungsi Capo Gitar dalam Belajar Gitar Akustik - Demikianlah sobat gitaris, semoga informasi tersebut dapat membatu sobat gitaris dalam bermain gitar akustik. Untuk sobat gitaris yang ingin tahu informasi menarik seputar musik  khususnya gitar bisa kunjungi kuncigitik.com. Sekian dan terimakasih.

Simak tayangan video tutorial petikan menggunakan Capo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »