Cari Kunci Lagu Yang Kamu Suka

Custom Search

Belajar Melodi Gitar (Bagian1)

Apa itu yang dimaksud dengan alur atau jalannya nada didalam permainan melodi ? adalah suatu aturan internasional tentang suatu pembentukan nada sesuai dengan solmisasi (do, re , mi, fa, sol, la, si, 'do) , jadi didalam bermain melodi apapun termasuk melodi gitar pasti ada alur atau lintasan yang sudah paten dan sudah di akui dan ditetapkan oleh para musisi-musisi dunia / internasional, (jadi bermain melodi itu tidak sekedar asal pencet senar di freet dan memetiknya tanpa mengikuti aturan aturan solmisasi ).

Nah untuk mengetahui gimana alur atau lintasan suatu nada melodi lagu sobat sekalian bisa membacanya dibalik misteri sebuah chord (kord) yang mengiringi melodi lagu tersebut. untuk lebih jelas nya akan saya kasih gambaran yaitu : sobat sekalian tau kan lagunya Peterpan yang judulnya Mimpi yang sempurnai..? pasti lagu ini udah ga asing lagi di telinga sobat sekalian karena lagu ini adalah salah satu lagu yang membawa Peterpan menjadi band papan atas, nah didalam lagunya Peterpan yang judulnya Mimpi yang sempurna ada melodi intro_nya kan (melodi intro : melodi yang mengawali musik sebelum suara vokal mulai bernyanyi pertama kali). nah disaat melodi intro dimainkan oleh sang gitaris, ada chord rythm (suara kunci gitar pengiring) yang mengiringinya !

Jadi gonjrengan kunci yang mengiringi melodi tersebut kita lihat dulu jenis kunci atau chordnya yang kebetulan adalah Em C  G  D . jadi dibalik misteri kunci tersebut, melodi gitar yang dimainkan oleh Lukman , kita sudah bisa melihatnya melalui solmisasi dari masing masing kunci atau chord yang mengeiringi melodi tersebut ( Em C G D ) selanjutnya setelah kita tau jalan melodinya kita tinggal mencocokkan dengan mencari nada pertama yang memulai melodi tersebut, didalam melodi gitar lagu Mimpi yang sempurna nada pertamanya adalah nada Em dan seterusnya di cocokkan sesuai suara melodi yang sobat dengarkan dari melodi aslinya.

 Masih bingung?Untuk itu ane saranin untuk mengikuti tahap-tahap pembelajarannya. Supaya semuanya jadi jelas dan tuntas. hheehehehe.....kaya urusan ama pak polisi ya. Pertama-tama yang harus kita pelajari adalah solmisasi pada gitar. Lihat gambar dibawah ini

Dalam gambar memang secara umum dibuat terbalik, senar yang paling bawah adalah senar no.6 atau senar bass dan yang paling atas adalah senar no.1. Senar no 6 difret pertama dimulai dari E. Jangan tanyakan dulu mayor atau minornya karena itu urusannya scale atau jarak. Diinget2 aja dulu posisinya, biar gak terus luhat gambar.

Nah E pada senar enam yang paling ujung (fret ke 12), 1 fret setelahnya adalah nada? ,,,,ya itu adalah nada F. Kemudian 2 fret setelahnya pastinya ada nada G, jadi urutannya masih sama ya...!. Sekarang lihat nada B pada senar no.5 fret ke 2 itu adalah nada yang sama dengan nada B pada senar no.6 fret ke 7.  Begitupun dengan nada C pada senar no.5 fret ke 3 sama dengan nada C pada senar no.6 fret ke 8. Jadi Intinya adalah senar no.5 dilihat dari nadanya hanya melanjutkan nada pada senar no.6.

Nada itu hanya 7 (C D E F G A B) jadi yang membedakan hanya tinggi rendahnya saja. Untuk senar no.4 juga sama, tinggal hitung saja. Kita lihat E pada senar no.4 fret ke 2 itu sama dengan nada E pada senar no.5 fret ke 7 dan juga sama dengan nada E pada senar no.6 fret ke 12.

Ok,,,,santai dulu biar gak pusing....!

Lannnnjjjuuuuuutttt? hehehe (ciye Ariel). ane rasa itu mudah ya untuk diingat, sekarang kita lihat nada di paling kiri sebelum nut (diluar fret) itu adalah nada open string atau nada yang keluar ketika senar dipetik tanpa ditekan, jadi kita lepas saja senarnya trus dipetik,,,nah itu namanya open string.

Kalo kita pernah searching mengenai bagaimana cara stem atau nyetel gitar, caranya kan mengikuti aturan yang barusan. Coba lihat nada A pada senar no6 fret ke 5, itu kan harus disamakan dengan senar no5 open string (senar ke5 adalah nada A jika open string).  Kemudian nada D pada senar no5 fret ke 5 harus sama dengan senar no4 open string. Trus nada G pada senar no4 fret ke 5 harus sama dengan nada pada senar no3 open string. Tapi untuk senar no3 jangan dari C tetapi dari B, karena senar no2 jika open string adalah nada B. Baru senar no2 di nada E fret ke 5 harus sama nadanya dengan senar no 1 open string. Lihat gambar dibawah

Nah sekarang kita lanjutkan dengan yang namanya nada kres dan mol. Jika kalian sering lihat ada kunci gitar yang sering ditulis ada lambang (#) nah itu adalah kres dan lambang (b) adlah mol. Sekarang apa sih kres sama mol itu? sederhananya Kres itu naik setengah nada dari nada setelahnya Kalo kita lihat lagi gambar yang paling atas, lihat senar no 6 nada F dan G, nah diantara F dan G itu adalah F# atau G mol.Kenapa G mol? karena G mol (b) itu adalah turun setengah nada dari nada sebelumnya. Tapi untuk E dan F itu adalah pengecualian karena memang dari nada E ke F jaraknya setengah. Mangkanya gak ada yang namanya E# atau Fb.

Nah itu saja dulu yang bisa ane share, untuk kelanjutannya ane akan share lagi kedepannya.
Pelajari juga Teknik Petikan Gitar dan Teknik Struming Gitar







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »